Kamis, 05 Maret 2015

Mutiara Jiwa

MENJADI MANUSIA YANG PALING PINTAR, CERDAS DAN JENIUS

Rangkuman materi pengajian rutin PPM Al-Azhar : Minggu, 01 Maret 2015
Oleh : K.H. Imam Bukhori Al Habsy Al Ayyuby

Bismillahirrahmaanirrahim…
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….
            “Manusia yang menganggap hidupnya abadi adalah manusia yang sangatlah salah besar. Allah tidak pernah menjanjikan kehidupan yang abadi di dunia ini, karena sesungguhnya dunia ini sangatlah fana.

Terdapat suatu Hadist yang isinya sebagai berikut,
            Suatu ketika, datang malaikat Jibril yang menyerupai seorang laki-laki. Laki-laki tersebut mendatangi Rasullullah SAW. Dan bertanya, "Ya Rasulullah.. siapakah orang yang paling pintar, cerdas, dan jenius di dunia ini?" tanya malaikat jibril dengan wujud menyerupai seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW. "mereka itu adalah orang-orang yang pandai mencari bekal untuk kematiannya, orang-orang yang paling baik mempersiapkan bekal untuk kematiannya, dan orang-orang yang waktunya hanya digunakan sebaik-baiknya untuk mencari bekal kematian." jawab Rasulullah SAW.

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla’alaiih….

Wahai saudaraku,.
Dunia ini hanyalah fatamorgana,
Begitu fana,
Dan penuh dengan tipuan belaka.
Semua akan sangat percuma dan sia-sia,
Jika yang kita kejar hanyalah dunia saja.
Saudaraku,..
Tak ada yang abadi di dunia ini,
Tidak ada yang kekal,
Dalam kehidupan dunia yang hanya sebentar.

Lantas, apakah kita tidak boleh memiliki impian dan cita-cita setinggi langit saat kita masih hidup di dunia ini?
Wahai saudaraku,.
Tentu boleh saja kita mempunyai impian dan cita-cita yang tinggi saat kita masih hidup di dunia ini. Namun, impian dan cita-cita yang seperti apakah? Yaitu impian dan cita-cita untuk menggapai surganya Allah dengan jalan pandai mempersiapkan bekal untuk kematian kita. Setiap orang pasti sudah mempersiapkan bekal untuk kematiannya. Tapi, seperti apa caranya? Persiapkanlah bekal kematian kita dengan cara yang sangat pandai, dengan ketika kita hidup di dunia kita selalu mengingat Allah,.. Allah,.. Allah,.. Hiasi hari-hari kita dengan selalu bertasbih kepada Allah. Isi pondasi kita dengan pondasi iman yang sangat kokoh dengan senantiasa bertaubat kepada Allah, dengan taubat yang sebenar-benarnya. Jadikan hidup kita sebagai jalan untuk menggapai surganya Allah.
            Semoga kita semua menjadi hamba-hamba Allah yang pintar, cerdas, dan jenius seperti yang di maksudkan Allah. Semoga kita menjadi hamba Allah yang pandai dalam mencari bekal untuk kematian, hamba Allah yang selalu mengingat akan kematian, hamba-hamba Allah yang mempersiapkan kematiannya dengan sangat baik. Janganlah kita menjadi manusia yang bodoh, yaitu manusia yang tidak pandai dalam mencari bekal untuk kematiannya, manusia yang buruk dalam mempersiapkan kematiannya. manusia yang tidak menggunakan waktunya dengan baik untuk mencari bekal kematiannya. Na'udhubillaahimindzaliik! Amin.. Semoga Allah memberikan kematian yang khusnul khotimah kepada kita semua. Amin, Amin, Amin,. Yaa Robbal Aalamiin…

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla’alaiih….

 
Design by Moch.Fatikh N | WEB Al azhar