Minggu, 05 April 2015

Mutiara Jiwa

ilmu agama Allah sebagai sebab tegaknya dunia
Rangkuman materi pengajian rutin PPM Al-Azhar : Kamis, 19 Maret 2015
Oleh : K.H. Imam Bukhori Al Habsy Al Ayyuby
Bismillahirrahmaanirrahim…
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….

Tegaknya dunia ini ada empat perkara. Dan salah satu yang menjadi hal paling utama yaitu ilmu orang-orang yang belajar ilmu kepada para ulama’. Hal ini, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.
Lalu, bagaimana dengan nomor dua, tiga, dan empat?
Nomer dua, tiga, dan empat adalah yang membantu poin nomer satu. Ibarat terdapat empat tiang, nomer satu adalah tiang yang terletak di tengah. Sedangkan nomer dua, tiga, dan empat adalah tiang-tiang yang terletak di belakang, dan samping kanan-kiri dari tiang pertama.
Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang “ilmu agama Allah sebagai sebab tegaknya dunia”
Wahai saudaraku, ketahuilah,..
Ilmunya para ulama adalah menjadi salah satu sumber imu yang wajib kita pelajari. Melalui perantara  ulama’-ulama’ tersebutlah kita bisa lebih mengerti dan memahami ilmu agamanya Allah. Karena, ketahuilah jika ilmunya para ulama’ telah  tiada, itu berarti dunia ini telah kiamat. Jika ulama’-ulama’ di dunia ini telah di ambil oleh Allah, maka sungguh,.. dunia ini telah berakhir.
Mengapa dunia ini telah berakhir?
Dikarenakan di dunia ini sudah tidak ada lagi para ulama’-ulama’ Allah yang senantiasa mengajarkan ilmu agamanya Allah serta membimbing umat untuk menuju surganya Allah.
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….


Untuk itu, bimbinglah generasi-generasi muda saat ini di jadikan ulama’. Bimbinglah mereka untuk senantiasa menuntut ilmu agamanya Allah, jangan hanya di ajari untuk menuntut ilmu dunia saja. Karena kebanyakan di antara kita, lebih memilih untuk menuntut ilmu dunia di bandingkan menuntut ilmu agamanya Allah. Generasi-generasi muda saat ini lebih senang dan bersemangat untuk menuntut ilmu dunia di bandingkan harus menuntut ilmu aganya Allah. Mereka lebih memilih untuk belajar hingga ke luar negeri dengan berbagai aturan dan persyaratan hanya demi untuk menuntut imu dunia, tetapi hanya sedikit sekali yang gemar dan bersemangat untuk menuntut ilmu agamanya Allah di majelis-majelis ilmunya Allah yang sebenarnya tidak sulit untuk kita temukan dan tanpa banyak persyaratan.
Untuk itu, bersyukurlah.. karena kita masih di beri kesempatan oleh Allah untuk hidup di jaman yang baik, yang masih ada banyak ulama’-ulama’ Allah.
Rasulullah SAW bersabda :
“Orang yang memegang agama Allah, mereka seperti memegangang api yang sangat panas”
Wajar saja, di jaman sekarang memang tidak mudah untuk menegakkan agamanya Allah.  Tetapi itu semua tidaklah seberapa dibandingkan pada jaman Rasulullah SAW. Dimana penuh dengan ujian dan cobaan.
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….
Ketahuilah,..
bahwa sesungguhnya semua manusia itu bodoh dalam mencari ilmu ilmu agamanya Allah, dan pintar dalam mencari ilmu dunia. Namun, hal tersebut sudah biasa mengingat hal tersebut memang merupakan ciri-ciri dari zaman akhir. Dimana semua manusia hanya sibuk untuk mencari ilmu dunia saja.
Di jaman akhir seperti ini, semua manusia akan bermegah-megahan dan berlomba-lomba dalam hal pembangunan. Membangun rumah-rumah megah, gedun-gedung tinggi dan masjid-masjid yang hanya sebagai ajang untuk menyombongkan diri. Tetapi, untuk membangun majelis ilmunya Allah, kita sering ragu dan bahkan tidak peduli sama sekali.Naudzubillaah…..
Padahal wahai saudaraku, jika kita bersedekah di dalam majelis ilmunya Allah itu jauh lebih baik daripada kita bersedekah terhadap selain majelis ilmunya Allah. Mengapa? Karena di majelis ilmunya Allah itu adalah tempat yang menaungi segalanya. Orang-orang yang berjihad di jalan Allah, anak-anak yatim, fakir miskin, dll semua ada di dalam majelis ilmunya Allah.
Saudaraku,, ketahuilah,..
Bahwasanya, orang-orang yang mengaji, orang-orang yang berjihad, orang-orang yang mencari ilmu agamanya Allah itu banyak, tetapi orang-orang yang istiqomah untuk beribadah kepada Allah, itulah orang-orang yang luar biasa.
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….
Wahai saudaraku,..
Ketahuilah….
Jaman sekarang, banyak sekali manusia
Yang lupa akan surga
Dan hanya mengingat dunia,
Wahai manusia,.
Hiduplah di dunia
Hanya untuk mencari surganya Allah,
Terkadang,..
Manusia hanya sibuk dengan dunianya sendiri,
Lupa, dan tidak peduli dengan kondisi di sekitarnya sendiri,
Lupa, akan kodrati bahwa manusia hanyalah ciptaan Sang Ilahi.

Untuk itu, beribadahlah tanpa titik, beristiqomahlah hingga akhir hidup kita. Ketahuilah, bahwa orang-orang yang beristiqomah itu akan diberikan qodam oleh Allah. Menjadi seseorang yang bisa untuk senantiasa beristiqomah di jalan Allah itu mamang mustahil, kecuali kita mendapat pertolongan dari Allah SWT. Semoga kita termasuk sebagai orang-orang yang senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah. Amin..Amin.. Yaa Robbal Aalamiin,….
Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Bi’adadi man sholla ’alaiih….




 
Design by Moch.Fatikh N | WEB Al azhar